Matematika sudah diajarkan sejak seorang anak duduk di bangku sekolah dasar, bahkan dari taman kanak – kanak. Materi dalam pembelajaran matematika dari tingkat SD s/d tingkat SMA selalu berkelanjutan dan berhubungan. Cara pemikiran dalam mengerjakan soal – soal pun berbeda tiap tingkat sekolah. Ketika seorang anak duduk di tingkat sekolah dasar, mereka membutuhkan banyak hitungan dan terkadang sebagian besar dari mereka banyak yang hanya menghafal rumus. Sedangkan tingkat SMP, anak – anak sudah bisa diajak berpikir asal mula mendapatkan sebuah rumus, akan tetapi sebagian besar dari mereka  juga masih menelan mentah rumus, sehingga anak belum paham konsepnya akan tetapi hafal rumusnya. Ketika mereka mulai duduk dibangku SMA, tidak sedikit anak yang terheran – heran dengan matematika karena matematika SMA sudah banyak menggunakan logika / daya nalar anak sehingga tidak sedikit anak yang suka matematika mulai SMA. Akan tetapi tidak sedikit pula anak yang merasa kesulitan dalam belajar matematika di SMA, untuk itu kita sebagai pendidik terutama di bidang matematika harus mengetahui karakteristik cara belajar matematika setiap bab-nya. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mencoba memaparkan karakteristik matematika SMA agar anak mudah dalam belajar:

  • Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma

(butuh ketelitian dan banyak latihan soal karena materi ini hanya mengandung sedikit teori. Para siswa hanya punya 2 kunci dalam mengerjakan yaitu jadikan bilangan yang paling sederhana dan permainan pangkat. Untuk memperlancar hanya dibutuhkan banyak latihan saja dan yang paling penting itu adalah ketelitian)

  • Fungsi Kuadrat dan Persamaan Kuadrat

(butuh paham konsep dan kekreatifan dalam mengerjakan karena pada materi ini dibutuhkan pemahaman konsep yang cukup dalam dan soal – soal yang berhubungan sering mengutak – utik akar dari sebuah persamaan kuadrat)

  • Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Tiga Variabel (SPLDV dan SPLTV)

(untuk materi ini tidak memerlukan waktu yang lama dalam menjelaskan dan mengerjakan karena di SMP udah diajarkan dan sebagian besar siswa tidak merasa kesulitan. Hanya saja yang SPLTV itu materi baru sehingga harus dijelaskan terlebih dahulu, akan tetapi dalam menjelaskan tidak memerlukan waktu yang lama cukup 1 x pertemuan cukup. Asalkan siswa tahu urutan pengerjakan, soal berbentuk apapun insyaallah bisa dikerjakan dengan mudah)

  • Pertidaksamaan

(seorang anak harus paham konsep persamaan linear terlebih dahulu. Konsep pengerjaannya hampir sama cuman bedanya tanda “=” dan tanda “”. Untuk mempermudah dalam mempelajari dan mengerjakan soal – soal yang berkaitan dengan pertidaksamaan, para peserta didik cukup memahami beberapa persoalan kemudian latihan beberapa soal, insyaallah sudah bisa)

  • Logika Matematika

(dalam bab logika matematika, peserta didik membutuhkan penalaran yang cukup tinggi dalam memahami kalimat – kalimat logika. Cari kalimat – kalimat yang bisa ditangkap oleh peserta didik dan peserta didik pun juga mencari kalimat – kalimat yang berkenaan dalam kehidupan sehari – hari untuk memahami kalimat – kalimat dan soal – soal di logika matematika)

  • Trigonometri Dasar

(Para siswa harus paham konsep pythagoras dan segitiga siku – siku, mana sisi miring dan sebagainya. Perlu trik – trik khusus seperti “bat nyamuk” untuk menerangkan kepada siswa agar siswa mudah dalam mempelajarinya. Gunakan 5 jari untuk mempermudah dalam menentukan nilai trigonometri untuk sudut – sudut istimewa) # akan saya share-kan di artikel lain

  • Ruang Dimensi Tiga

(Perlu daya imajinasi yang tinggi untuk bisa menangkap pelajaran. Akan tetapi bagi anak yang kurang bagus dalam daya imajinasinya lebih baik gunakan kerangka bangun ruang untuk mempelajarinya. Kerangka bangun bisa terbuat dari lidi ataupun kawat dll yang bisa dibawa ke sekolah setiap ada pelajarannya. Perlu banyak berlatih juga untuk mengasah daya imajinasi anak)

  • Statistika

(Perlu menghafal beberapa rumus. Akan tetapi anak tidak perlu dihadapkan pada rumus yang banyak. Cukup ciptakan rumus “ALL IN ONE” seperti pada rumus ukuran pemusatan dan ukuran letak data kelompok. Kita cukup membutuhkan dua rumus saja. Perlu trik – trik khusus dalam menghitung agar anak – anak tidak terpancang dengan kalkulator. Anak – anak apabila tahu maksud rumusnya, insyaallah dengan latihan soal sedikit saja sudah bisa mengerjakan soal – soal yang lain)

  • Peluang

(dalam mempelajari peluang anak – anak membutuhkan penalaran yang cukup tinggi juga. Tidak ada rumus yang perlu dihafal. Akan tetapi maksud permutasi, kombinasi dan peluang itu yang butuh dipahami saja selebihnya bisa dipakai nalar untuk mengerjakannya)

  • Trigonometri Lanjut

(kemungkinan anak – anak beranggapan bahwa rumusnya trigonometri banyak. Anggapan itu ternyata keliru. Kita cukup menyingkat berbagai rumus menjadi 3 rumus cantik yaitu rumus trigonometri penjumlahan sudut, sudut ganda dan perkalian. Untuk bisa menyelesaikan soal – soal trigonometri cukup banyak latihan soal saja)

  • Persamaan Lingkaran

(butuh pemahaman konsep persamaan lingkaran dan hafal beberapa rumus kecil untuk PGS)

  • Sukubanyak

(membutuhkan pemahaman konsep tentang sisa pembagian dan beberapa latihan soal saja)

Dari berbagai karakteristik tentang materi – materi matematika SMA tersebut diharapkan bagi para pendidik untuk bisa menemukan metode mengajar dalam KBM agar para siswa mudah menangkap dan memahami materi yang dipelajarinya. Mungkin ada yang mau menambah atau mengoreksi paparan saya ini sebagai ajang untuk saling berbagi dan saling mengingatkan.

Tentang Siti Nur Baiti

aku bukanlah manusia yang sempurna atas segalanya, akan tetapi aku adalah seorang insan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Satu tanggapan »

  1. mohammad sobihhammad mengatakan:

    Artikelnya bgus untuk memetakkan aloksi jam kbm bagi guru dan mempermudah pemahaman bagi siswa,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s