“Hidup adalah Perjuangan”, Begitulah slogan yang sering dilontarkan oleh kebanyakan orang. Tak sedikit pula yang menjadikannya prinsip dalam menjalani hidup ini.

Masalah kehidupan sangatlah kompleks kalau kita ingin mengupasnya. Hal ini dikarenakan banyaknya persoalan yang muncul di kehidupan. Munculnya berbagai permasalahan menuntut kita untuk menjadi lebih dewasa.

Yang terpenting dalam menghadapi masalah kehidupan adalah bagaimana sikap kita dalam menghadapi sebuah permasalahan tersebut. Dari sudut pandang manakah kita akan melihatnya. Apakah kita hanya akan melihat dari satu sisi, dua sisi, atau bahkan dari berbagai sisi???

Saya yakin semua orang punya permasalahan, baik permasalahan masa lampau, sekarang maupun masa depan. Ketika kita menyesal akan kejadian masa lampau, kita tidak akan pernah bisa mengubahnya ataupun memutar waktu yang telah lewat. Penyesalan tidak akan bisa menyelesaikan masalah. Akan tetapi sikap kitalah yang akan membantu kita menyelesaikannya. Bagaimana kita akan memperbaiki diri kita agar tidak akan pernah terjadi penyesalan yang sama.

Sikap kita merupakan wujud kecintaan kita pada diri kita sendiri. Kita marah ataupun membalas perbuatan seseorang yang telah menyakiti hati kita merupakan salah satu tanda bahwa kita kurang mencintai diri kita sendiri. Sikap yang paling utama dalam menghadapi celaan ataupun perbuatan seseorang adalah didiamkan atau dido’akan agar dia diberi kebaikan. Ketika kita berbuat kebaikan kepada seseorang itu berarti kita telah berbuat baik pada diri kita sendiri. Ketika kita mendo’akan seseorang kita juga berdo’a untuk diri kita sendiri. Kalau kita mendo’akan orang lain agar orang tersebut mendapat keburukan, mungkin saja do’a itu akan berbalik pada kita karena orang yang kita do’akan mempunyai derajat yang lebih tinggi di hadapan Yang Maha Kuasa.

About Siti Nur Baiti

aku bukanlah manusia yang sempurna atas segalanya, akan tetapi aku adalah seorang insan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

One response »

  1. Heropairo mengatakan:

    Kata se20rng ,, ” mulailh dgn b’crmin ato mawaz diri., mintlh unt b’ubah.. Kal0 km maw menjdkn dunia ini tmpt yg lbih baik, mawas dri lah dan b’ubh lah. ”

    ” yg tragiz adlh orang yg seumur hdup.ny tdk p’nah mengerahkn sluruh kemampuan maximalnya. ”

    gamsahamnida. ,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s