Tidak jarang masyarakat beranggapan bahwa sekolah yang berhasil adalah sekolah yang mampu meluluskan siswa-siswinya 100%. Kalo menurut anda bagaimana?. Apakah keberhasilan sekolah itu dilihat dari banyaknya siswa yang lulus? banyaknya siswa yang masuk PTN? atau banyaknya siswa yang menjadi pengusaha?

Hem..menurut berbagai kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional, apakah masih bisa dikatakan bahwa sekolah yang berhasil adalah sekolah yang bisa meluluskan siswanya 100%? Saya yakin anda pun tidak setuju akan hal itu. Adanya Ujian Nasional? O.K.bagus, soalnya pun berbobot dan bisa untuk mengukur kemampuan siswa, tapi sayang pelaksanaannya yang kurang tertib dan maksimal membuat adanya kerancuan hasil UAN, misalnya:terkadang ada siswa yang kesehariannya tidak bisa apa-apa, akan tetapi nilai UAN-nya bisa mendapat nilai yang tinggi. Sungguh mengherankan!. Ketidakjujuran dalam pelaksanaan Ujian Nasional itulah yang membuat gugurnya pendapat bahwa indikator keberhasilan sebuah sekolah dilihat dari banyaknya siswa yang lulus.

“Lulus” merupakan puncak dari perjuangan di masa SMA, akan tetapi mereka masih harus berjuang lagi untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Apakah banyaknya siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri merupakan indikator keberhasilan sebuah sekolah? menurut anda bagaimana? kalau menurut saya, “ya!”. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan ujian masuk PTN tidak ada kecurangan seperti menyontek ataupun menerima jawaban via sms. Akan tetapi ketika ada calon mahasiswa yang “lewat belakang”, tentunya indikator di atas gugur adanya.

Lantas apa yang bisa digunakan untuk mengetahui keberhasilan sekolah dalam mendidik anak – anak didiknya? menurut anda bagaimana? emh..pertanyaan yang sulit di jawab tapi perlu dipikirkan.🙂

Saya ingin mengajak para pendidik sejati, marilah kita curahkan segala tenaga dan pikiran untuk anak – anak didik kita agar mereka mampu menggali potensi diri mereka sehingga mereka mampu mengerjakan soal-soal UAN dengan jujur dan dapat melanjutkan pendidikannya ke PTN, meraih cita-cita mereka dan menjadi orang yang berguna bagi agama dan bangsa.

About Siti Nur Baiti

aku bukanlah manusia yang sempurna atas segalanya, akan tetapi aku adalah seorang insan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s