Musim hujan berkepanjangan. Seperti yang kita rasakan bersama saat ini bahwa kita mengalami musim hujan yang berkepanjangan. Apa yang sebenarnya terjadi perlu kita pikirkan. Apabila saat ini kita mengalami musim hujan berkepanjangan, ada kemungkinan tahun berikutnya kita akan mengalami musim kemarau berkepanjangan juga. Mungkin saat ini kita merasa nyaman karena air masih melimpah ruwah, para petani bisa memanen padi sampai 3x dalam satu tahun dan udara juga tidak terlalu puanas. Akan tetapi yang perlu kita pikirkan, seandainya kita berada pada musim kemarau berkepanjangan. Tanaman – tanaman pada mengering karena kekurangan air, tanah -tanah mengalami keretakan, hewan – hewan pada kelaparan, harga bahan makanan melambung tinggi dan banyak anak manusia yang kelaparan yang akhirnya bisa menimbulkan kematian. Astaghfirullah hal’adzim. Maka dari itu kawan, marilah mulai dari sekarang kita berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapi kejadian – kejadian yang akan datang dan marilah kita selalu bersyukur dengan apa yang telah Allah anugerahkan pada kita saat ini.

Pertandingan sepak bola. Sungguh ramainya ketika piala dunia kembali menyambut dunia televisi. Kebanyakan dari masyarakat rela membuang uang mereka hanya untuk menonton pertandingan sepakbola. Akan tetapi apakah mereka pernah berpikir tentang kehidupan mereka yang diumpakan seperti pertandingan sepakbola tersebut?. Menurut penelusuran, sebagian besar orang tertarik dengan pertandingan sepakbola karena strategi gool yang dilakukan oleh pemain. Kalau kita mau berpikir, sebenarnya pertandingan sepakbola itu merupakan perumpamaan kehidupan kita di dunia. Andaikata setiap pemain memiliki bola sendiri – sendiri, menarikkah pertandingan tersebut? saya yakin anda pun akan menjawab “tidak”. “Lha yang membuat menarik kan rebutan bolanya itu”, kata salah satu pengemar bola. Nah dari jawaban itulah kita bisa berpikir bahwa semua orang tidak akan mungkin menjadi nomer 1 semua, tidak akan mungkin semua orang akan menjadi seorang presiden dan tidak mungkin semua orang akan mengalami kesuksesan yang sama. Yang mendapatkan bola hanyalah satu orang. Ya dialah yang selalu berusaha dan berjuang untuk mendapatkannya. Dia pasti memiliki strategi yang bagus tanpa ada kecurangan dalam menjalankan strateginya tersebut sehingga ia mampu memperoleh apa yang ia inginkan. Itulah ibarat kita dalam berusaha untuk menjadi orang sukses. Kita tidak akan pernah mencapai kesuksesan kalau kita tidak mau berusaha, tidak mau berjuang dan tidak mempunyai rancangan – rancangan harapan ke depan.

Ada 3 cara para pemain dalam mencapai gool. Pertama, setelah berusaha menggiring bola dengan perjuangan keras dari gawang sendiri ke gawang lawan kemudian gool tanpa ada kecurangan. Kedua, pemain mendapatkan gool akan tetapi dalam bermain selalu melakukan kecurangan seperti menjegal lawan dsbnya. Ketiga, para pemain mendapatkan gool karena tendangan pinalti. Andai anda mau berpikir, bangga pada para pemain yng melakukan cara pertama, kedua atau ketiga? silahkan direnungkan….:)

About Siti Nur Baiti

aku bukanlah manusia yang sempurna atas segalanya, akan tetapi aku adalah seorang insan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s