Sejak dalam dunia kandungan kita telah belajar. Setelah lahir kita juga belajar dan sekolah usia balita, ibu dan ayah sebagai guru kita. Usia sekitar 5 tahun kita mulai memasuki sekolah formal yaitu TK bahkan ada yang melalui playgroup. Di sana hanya banyak bermain dan bersosialisasi sama teman. Untuk lulus pun mudah. Usia 7 tahun mulai masuk Sekolah Dasar. Selama 6 tahun kita telah diasuh oleh guru – guru SD kita. Kita juga dengan mudah bisa lulus dari SD. Begitupun SMP kita bisa melampauinya dengan mudah. SMA dunia yang paling banyak kenangan (kata orang) juga dapat kita lalui dengan mudah. Kuliah pun walaupun dengan kerja keras kita bisa lulus dalam sebuah target paling lama 7 tahun.

Cukup sudah dunia sekolah formal kita lalui. Setelah itu kita masuk ke dunia “Kampus Kehidupan”. Saat kuliah dulu kita punya banyak mata kuliah yang harus dicapai dan ketika kita tidak lulus kita bisa mengulang. Sedangkan di Kampus Kehidupan banyak mata kuliah yang harus ditempuh. Ketika kita tidak lulus kita juga harus mengulang hingga lulus. Akan tetapi untuk mencapai lulus itu sungguh sulit. Mata kuliah yang harus kita ambil tidak akan habis selama hayat masih dikandung badan.

Indikator dalam tiap mata kuliah pun beda – beda di mata orang.Sehingga sulit untuk kita capai kelulusannya. Selain itu dosen – dosen di kampus kehidupan pun juga berbeda. Dosen kita bisa seorang bayi bahkan orang yang sudah meninggal. Sungguh harus banyak belajar dan berjuang untuk bisa lulus dalam mata kuliah di kampus kehidupan.

Banyak merenungi alam, ramah dengan alam sekitar, sabar, ikhlas, syukur, blajar dari pengalaman, sosial tinggi di masyarakat merupakan beberapa mata kuliah yang harus kita lalui dan kita harus bisa lulus agar kita menjadi insan yang bahagia selalu. Berpikir positif dan selalu optimis akan membuka otak kita agar kita selalu bahagia hadir di “Kampus Kehidupan” ini.

About Siti Nur Baiti

aku bukanlah manusia yang sempurna atas segalanya, akan tetapi aku adalah seorang insan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s