Sholat adalah kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap Umat Islam, dan salah satu syarat sahnya sholat adalah menghadap ke arah Kiblat. Hal ini disebutkan dalam Al – Qur’an “Sungguh Kami melihat wajahmu sering menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke Kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil-Haram, dan di mana saja kalian berada maka palingkanlah wajah kalian ke arahnya.” (Al-Baqarah:144)

Nah yang menjadi persoalan adalah banyak diantara kita yang kurang peduli dengan arah kiblat yang benar. Jika arah kiblat kita pada waktu sholat salah, maka sah atau tidak sholat kita? Untuk menghilangkan keraguan tersebut dengan bantuan Google Map kita dapat menentukan arah kiblat yang benar dengan mudah yaitu dengan menggunnakan rumus Trigonometri. Perhatikan gambar di bawah ini :

Dari gambar tersebut dapat kita lihat dengan jelas jika Kita berada di wilayah Jawa Tengah dan pada saat Sholat Kita menghadap lurus ke barat maka kita menghadap lurus ke negara Tanzania bukan Ka’bah, jadi jelas Kita tidak menghadap Kiblat. Nah dengan bantuan segitiga siku-siku seperti pada gambar diatas kita dapat menghitung arah Kiblat yang benar menggunakan fungsi Trigonometri, Mahdi Atmojo, S.Pd sudah mencoba menghitung arah kiblat kurang lebih 22,53 derajat dari arah barat. Untuk lebih jelas dapat Anda utak-atik sendiri klik saja gambar di atas.

About Siti Nur Baiti

aku bukanlah manusia yang sempurna atas segalanya, akan tetapi aku adalah seorang insan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s