Saya sudah mengajar logaritma selama 2 tahun di SMA N 1 Karanganom. Sebagian besar siswa mengeluhkan jikalau pelajaran logaritma itu sulit. Untuk itu saya membuat sistem setiap pertemuan ada postest. Setiap pertemuan para siswa hanya memperoleh 2 sifat logaritma, kemudian mereka menerima berbagai bentuk soal yang berkaitan dengan sifat tersebut dan pertemuan yang akan datang postest dulu materi sebelumnya. Alhamdulillah anggapan logaritma sulit itupun mulai sedikit pudar.

Saya sering memikirkan bagaimana cara mengajarkan materi logaritma dengan sempurna agar anak – anak mudah menangkap materinya. Akan tetapi satu hal yang ternyata telah saya abaikan dan tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. Hal penting yang telah saya abaikan itu adalah cara membaca simbol logaritma.

Waktu itu saya sedang ngobrol sama guru senior yang beberapa bulan lagi pensiun. Kami membahas tentang soal – soal tutor kelas XII tentang logaritma. Beliau cerita kalau ada anak yang keliru dalam membaca lambang logaritma, semisal:

2log 5 dibaca dua log lima

Kemudian beliau bertanya sama siswa tersebut, “trus kalau menemui 2 x log 5 membacanya bagaimana?” tersentak anak tersebut bingung menjawabnya, kata bliau. Nah dalam hati saya pun juga terngiang “ternyata selama 2 tahun saya salah membaca juga”..hehe, Saat itu saya berpikir ternyata cara membaca itu penting. Saya tidak pernah berpikir sampai kesitu karena diperkuliahan tidak pernah dibahas dan saat saya SMA pun juga tidak ditekankan oleh bapak ibu guru.

Alhamdulillah dari obrolan tersebut, saya dapat meluruskan cara pembacaan simbol logaritma dan dapat saya tularkan sama anak didik saya, semisal:

2log 5 itu dibaca log 5 dengan bilangan pokok 2

Okey para pembaca yang selalu bersemangat untuk selalu belajar, kemungkinan dari beberapa kita juga masih ada yang keliru dalam membaca simbol logaritma, maka dari itu mari kita perbaiki cara membaca kita tentang logaritma.

Tulisan saya ini hanya sekedar berbagi ilmu dan pengalaman yang pernah saya dapatkan.

About Siti Nur Baiti

aku bukanlah manusia yang sempurna atas segalanya, akan tetapi aku adalah seorang insan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s