Aku ingin menceritakan sebuah kisah seorang gadis yang berada di dusun Ngangkruk RT 03/01 Selokaton Gondangrejo Karanganyar Jawa Tengah Indonesia.

Tepatnya hari Selasa, 11 Agustus 1986 di dusun Ngangkruk lahirlah seorang anak manusia yang diberi nama “Siti Nur Baiti” dengan harapan kelak anak tersebut mampu menjadi penerang rumah keluarga. Gadis kecil itu kini telah tumbuh menjadi seorang gadis dewasa imut berjilbab yang kian semakin anggun aja🙂. Dia dilahirkan sebagai anak kedua dari tiga bersaudara.

Pada usia 6 tahun gadis mungil mulai memasuki dunia pendidikan. Ia didaftarkan oleh kedua orang tuanya ke sebuah sekolah desa yaitu TK Darma Wanita desa Selokaton. Selama satu tahun dia belajar di bangku TK, akhirnya dia lulus dan melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar. Sekolah Dasar yang menjadi cikal bakal prestasi gadis mungil tersebut biasa dikenal dengan SD Negeri 2 Selokaton. Gadis mungil ini mulai menunjukkan prestasinya sejak kelas 4 SD, yang pada akhirnya ia bisa meraih juara 2 pada saat kelulusan. Selain itu, sebelumnya dia juga pernah menduduki juara 2 siswa teladan tingkat kecamatan. Masa kecilnya ini meninggalkan banyak cerita unik karena waktu itu dia jarang bergaul dengan anak wanita, dia lebih suka bergaul dengan anak laki – laki. Hem…..🙂

Setelah 6 tahun mengarungi masa – masa sekolah dasar, akhirnya pada tahun 1998 gadis mungil itu diterima di SLTP N 7 Surakarta. Masa SLTP merupakan masa yang cukup gemilang bagi gadis mungil itu karena ada prestasi yang cukup bagus. Dia pernah mendapat juara-1 tingkat kodya dan juara-2 tingkat karesidenan dalam lomba membaca Al-Qur’an dengan tartil. Selain itu dari kelas 1 sampe kelas 3 selalu masuk 3 besar di kelas dan yang terakhir mendapat nilai 10 untuk UAN Matematika. Walaupun prestasi tersebut tidak begitu besar di mata orang lain akan tetapi prestasi tersebut cukup berkesan bagi dirinya.

Setelah lulus SLTP tahun 2001, gadis manis masuk di SMA N 1 Surakarta. Dia riang gembira bisa masuk di SMA favorit karena semangat belajarnya bisa terpacu yang akhirnya dia bisa masuk kelas unggulan. Selain belajar yang dia tekuni saat itu, gadis cerdas ini juga mempunyai hobi membuat keterampilan seperti merangkai bunga dari sedotan, membuat tas dari mote dan lain sebagainya. Tidak hanya sebagai aktivitas hobi aja, akan tetapi dia juga menjual hasil karyanya tersebut ke tetangga – tetangga untuk membantu kedua orang tuanya. Setelah 3 tahun di SMA, gadis yang berperawakan langsing itu lulus dari Sekolah Menengah Atas pada tahun 2004.

Setelah lulus SMA, gadis imut ini mempunyai cita -cita menjadi seorang bidan, akan tetapi tidak kesampaian karena takdir telah memilihkannya untuk belajar di Program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS). Ketika menjadi seorang mahasiswa banyak pelajaran yang bisa dia ambil. Belajar berorganisasi, belajar berpikir logika dan belajar mencari uang sendiri untuk biaya kuliah. Pada saat kuliah semester satu gadis ini pernah mencoba menjahit konveksi baju dan semester dua pernah berdagang baju ke tetangga. Akan tetapi semuanya itu hanya sebentar dan hasilnya juga tidak terlalu besar. Dalam hati dia hanya berniat untuk membantu kedua orang tuanya. Karena basic gadis imut itu di pendidikan, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi tentor privat dari rumah ke rumah sampai dia lulus kuliah. Dari fakultas yang dia ambil inilah dia bisa keluar menjadi “orang”. Target lulusnya terpenuhi yaitu kuliah tepat 4 tahun. Gadis yang punya sifat “cuek” sama lawan jenis ini lulus kuliah S1 pada bulan Agustus 2008.

Dalam perjalanan masa pendidikannya, gadis muanis itu akhirnya memasuki masa – masa pencarian kerja. Setelah lulus kuliah, gadis yang masih enjoy aja dengan masa lajangnya itu mencoba mendaftar cpns formasi tahun 2008, alhamdulillah karunia yang sungguh luar biasa karena dia dapat diterima menjadi cpns lingkup Pemda Klaten dan sekarang gadis yang sungguh beruntung itu ditempatkan di SMA N 1 Karanganom sebagai guru Matematika. Alamat tempat kerjanya SMA N 1 Karangnom Klaten, Jl.Raya 03 Karanganom.

Aktivitas gadis gesit tersebut sekarang sedang berusaha mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan sedang berpikir untuk menjadi seorang “teacher” yang profesional.

hem….anda tau siapakah gadis imut, mungil dan muanis yg aku ceritakan di atas?

Ya itulah kisah hidupku selama 24 tahun. hehehe

17 responses »

  1. Farida mengatakan:

    Assalamualaikum Baiti,…

    Selamat ya atas launcing blog-nya. Pendapat saya seca umum blog ini desainnya sudah cukup oke. Topik tulisannya juga lumayan menarik untuk profesi “guru” namun, masih terdapat beberapa fitur yang perlu dibenahi, antara lain:
    1. Homepage kalau bisa di setting ulang, agar ketika orang membuka situs blog ini yang muncul bukan layar “comment”
    2. Menu “Komentar Terakhir” ternyata belum bisa di akses🙂 coba deh dicek lagi…
    3. Untuk konten tulisan, saya sarankan sebelum di upload coba dilakukan “Proof reading” atau dibaca berulang-ulang untuk menghindari kesalahn ketik ataupun alur yang tidak linear.

    Ok deh. sepertinya cukup dulu komentarnya. Tetap semangat ya…..

    • nurbaiti45 mengatakan:

      wa’alailumsalam warohmatullahi wabarokatuh..
      terima kasih banyak ya bu,,,kemarin sebenarnya udah ada tulisannya tapi sy ubah2 belum selesai akhirnya tidak tau kalo munculy halaman pertama itu comment…hehehe
      terima kasih banyak lagi ya bu atas sarannya, nanti saya coba ngutak – atik lagi…
      n tolong jangan bosen ya bu buat ngasih saran sama saya….

  2. Ms. Resty mengatakan:

    Salam kenal bu guru muda..

  3. nusrotulbariyah mengatakan:

    Wah, ta cari kemana2, ternyata ktm juga blog-e jenengan Mbak..! ^_^ Aku tunggu kunjungan baliknya ya Mbak..

  4. fajar2908 mengatakan:

    Assalamu’alaikum, salam kenal ya bu guru…. eh bukannya udah lama kenal ya…
    Sekarang jadi guru matematika. jangan galak kayak Pak Ngadiman lho….

  5. Nurul Fatimatuz Z mengatakan:

    Wuizzzt , kerenn buk blognya , hhi

  6. masjhur mengatakan:

    haaaaai anakku tularkan ilmu tentang blog….g..g mu kepada teman-teman sma karanganom ,biar gurunya tambah maju..wasiat ini harus kamu jalankan….kalau tidak…he..he nggak apa-apa

  7. Aldo XF mengatakan:

    Sudah saya download bu artikel yang Ruang Dimensi 3 , tinggal ngprint ..
    Blog nya keren bu , tinggal dipercantik aja.. hehehe

  8. Jevy XF mengatakan:

    Salut Bu dengan Blognya…………..

    Keren Bu…….hehehehe

  9. adex mengatakan:

    waow , jdi lpar😀

  10. Mahdi Atmojo, S.Pd mengatakan:

    Assalamu’alaikum ….
    salam kenal,

  11. hero mengatakan:

    assalamu’alaikum,,, ijin download postingx

  12. Andhi mengatakan:

    salam kenal bu

  13. arum mengatakan:

    hehe..bu baiti, unik pengalamannya..:)
    bisa ku jadikan motivasi🙂

  14. Mactavish XF jie roe tul mengatakan:

    sama punya beberapa kata bijak juga…
    orang yang melanggar aturan adalah sampah, namun orang yang tidak peduli sesama adalah lebih dari sampah – Obito
    orang yang hebat adalah orang yang tidak melihat seberapa besar rintangan di depan – Minato
    itu dulu aja, heheh, lagi lupa, qq
    makazih…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s